SEJARAH Sosial mengkaji masyarakat secara keseluruhan (total), dalam aspek kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan sebagainya. Pengkajian atas berbagai masalah dalam masyarakat dilakukan melalui bukti-bukti sejarah dari sudut pandang dan hampiran teori-teori sosial. Sementara itu, Sejarah Sosial Ekonomi secara garis besanya mengkaji aktivitas dan dinamika perekonomian masyarakat masa lampau. Umumnya kajian Sejarah Sosial menyoal dan berhubungkait dengan sejarah ekonomi, dengan demikian dalam membelajarkannya dipadukan menjadi Sejarah Sosial Ekonomi.

Trevelyan dalam buah penanya bertujuk “English Social History”, menjelaskan sejarah sosial sebagai the history of people with the politic left out. Ia melukiskan sejarah sosial sebagai sejarah rakyat dengan membuang politiknya. Artinya, perlu memberi porsi cukup bagi peran rakyat kecil dalam kajian sejarah. Pentingnya keterhubungan antara sejarah sosial dengan sejarah ekonomi, dilegitimasi oleh pernyataan Sejarahwan Lucien Febvre dan March Bloch yang mengartikan sejarah sosial sebagai sejarah ekonomi.

Dalam kajian tentang sejarah sosial ekonomi, penggunaan teori sangat penting dalam rangka penyusunan konsep-konsep dan model serta eksplanasi umum. Teori juga sangat penting untuk menentukan tipe peristiwa, pemicu/sebab terjadinya, proses, dan implikasinya.

Demikian juga pendekatan atau metodologi sangat penting dalam meneliti peristiwa-peristiwa masa lampau dan masalahnya yang kemudian direkonstruksi menjadi cerita atau kisah sejarah. Sejarah Sosial Ekonomi adalah salah satu pendekatan kajian sejarah yang memungkinkan menghadirkan makna-makna suatu peristiwa masa lampau dalam masyarakat.

Dalam sejarah sosial ekonomi, pendekatan yang digunakan yakni memfungsikan konsep dan teori-teori ilmu sosial. Penggunaan teori-teori ilmu sosial ini meskipun kadang harus memberi warna dan menetukan arah serta model kajian, namun sangat memungkinkan melakukan pendekatan yang sifatnya multi-dimensional dalam kajian. Dengan kata lain, pendekatan ilmu-ilmu sosial membuat suatu kajian atas peristiwa menjadi kompleks dan multi-makna.

 

Reading Assignment

Untuk memahami lebih jauh mengenai pendekatan kajian dalam sejarah sosial ekonomi, maka masing-masing mahasiswa diharapkan membaca materi melalui buku, artikel jurnal, dan sumber-sumber lainnya terkait: pendekatan sistem, pendekatan multidimensional, dan pendekatan ilmu-ilmu sosial.

Setelah melakukan pembacaan secara mandiri, maka mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang pendekatan sistem, pendekatan multidimensional, dan pendekatan ilmu-ilmu sosial dalam Kajian Sejarah Sosial Ekonomi.

Topics #Pemberontakan Petani Banten 1888 #Sejarah dan Ilmu Sosial #Sejarah Sosial #Sejarah Sosial Ekonomi