Beranda Pojok Urban Suatu Siang di Tsim Sha Tsui Promenade

Suatu Siang di Tsim Sha Tsui Promenade

0

HONG KONG — Selasa (31/10/2017), pukul 13.30 Waktu Hongkong. Aku bersama teman-teman berada Tsim Sha Tsui Promenade, sebuah tempat wisata menarik di Semenanjung Kowloon. Dari tempat ini aku dapat menyaksikan keindahan area Victoria Harbor dan memandang kemegahan topografi gedung-gedung pencakar langit Pulau Hong Kong yang berada di sebelahnya.

Negeri Hong Kong dengan sejumlah kemajuan pembangunannya, memang memiliki sejuta pesona. Berada di Tsim Sha Tsui Promenade, membawa kita ke Hong Kong Cultural Center dan Hong Kong Museum space.  

Pada bagian barat dari Tsim Sha Tsui Promenade ini, sebelumnya merupakan bagian dari kereta Guangzhou – Kowloon. Akan tetapi setelah stasiun akhir Guangzhou – Kowloon diubah menjadi Hung Hom Station, maka jalur kereta api yang asli dilepas. Akhirnya ia menjadi sebuah proyek pembangunan peralatan komersial serta pengadaan fasilitas hiburan.

Menurut keterangan guide kami bahwa akses untuk umum atas obyek wisata Tsim Sha Tsui Promenade ini, khususnya di bagian timur dimulai sejak 1982. Sementara pada bagian barat Tsim Sha Tsui Promenade baru terbuka untuk umum 7 tahun kemudian yakni sejak 1989. Adapun Tsim Sha Tsui Promenade yang baru yakni sebelah barat dermaga Hung Hom, baru dibuka secara resmi pada 2011.

Proyek renovasi public space di Hong Kong terus berlanjut dan memakan biaya yang cukup fantastis jumlahnya yakni 190 milyar dollar Hong Kong. Proyek renovasi yang dikerjakan selama 2 tahun yakni 2004 hingga 2006 ini lalu menjelma pusat kebudayaan, Avenue of Star, ruang makan, area pengangkutan, taman, dan lain-lain.

Sebagai penggemar dan penikmat photografi, tempat ini bagiku sangat mempesona. Beberapa tanaman hias yang menghijau di area ini memberi susana sejuk serta patung-patung yang berada di sepanjang kawasan pejalan kaki sungguh menjadi sebuah pemandangan khas yang memikat. Cukup menyiapkan fasilitas pencahayaan yang memadai pada kamera, tentu akan memperoleh hasil gambar yang bagus di kawasan ini.

Kemudian selaku pengajar mata kuliah Sejarah Kota, Sosiologi Perkotaan, dan Sejarah Maritim, tentu pemandangan Hong Kong bagi saya sangat menarik dan penuh inspirasi. Siapa yang tidak senang bisa melihat secara langsung Victoria Harbor, pelabuhan terbesar Asia dan menduduki rangking ketiga dunia setelah San Francisco dan Rio de Janeiro?.

Megahnya Victoria Harbor dan pemandangan indah ini aku nikmati dari arah kawasan Promenade Tsim Sha Tsui di sisi Kowloon. Tentu saja lebih wow lagi jika menikmatinya pada malam hari di mana gemerlap warna-warni lampu tampak menghiasi gedung tinggi hingga mencipta pemandangan memukau menakjubkan.

“Ayo foto bersama dan jangan lewatkan kesempatan ini. Ingat teman-teman, latar foto itu mahal”, ujar salah seorang anggota rombongan kami.

Setelah beberapa menit menikmati keindahan kawasan Promenade Tsim Sha Tsui, selanjutnya aku dan rombongan bergerak menuju pusat perbelanjaan di Mong Kok bernama Ladies Market.

[Dimuat di KampungVirtual.id]

*Catatan perjalanan Ahmadin Umar di Hong Kong (2017).