SEJARAH Peradaban Islam sebagai nama mata kuliah, terbentuk dari tiga unsur kata atau istilah yakni sejarah, peradaban, dan Islam. Istilah Sejarah telah banyak dibahas dan bisa dilihat pada artikel lain di web ini, sehingga fokus bahasan sebagai pengantar mata kuliah ini adalah “Peradaban Islam”.

Ditilik dari asal katanya, “Peradaban” berasal dari kata “Adab” yang secara harfiah berarti tata krama, perilaku dan atau sopan santun. Dalam bahasa Inggris, peradaban disebut civilization yang dibedakan dengan budaya (culture). Orang-orang Arab (Bahasa Arab) menyebut peradaban dengan tamaddun yang dibedakan dengan hadharah (kemajuan), serta dibedakan pula dengan istilah tsaqafah (kebudayaan). Meskipun demikian, dalam penggunaannya terutama dalam kajian sejarah terjadi pencapuradukan antara ketiganya dan bahkan peradaban dalam banyak hal disinonimkan dengan kebudayaan.

Mengutip buku Sejarah Peradaban Islam karya Badri Yatim, Peradaban Islam merupakan terjemahan dari kata Arab “al-Hadharah al-Islamiyyah” yang dalam bahasa Indonesia berarti Kebudayaan Islam. Dalam perkembangan ilmu Antropologi, keduanya dibedakan yakni kebudayaan merupakan bentuk ungkapan tentang semangat mendatang suatu masyarakat, sedangkan peradaban adalah manifestasi-manifestasi kemajuan mekanis dan teknologis.

Islam sebagai agama yang telah berkontribusi penting terhadap proses pemajuan masyarakat, tidak hanya di negara-negara Arab tetapi pada berbagai belahan bumi itulah yang menjadi bahasan dalam mata kuliah ini. Bagaimana ajaran Islam lahir dan memberi warna bagi masyarakat Arab?, seperti apa kontribusi Islam bagi kemajuan masyarakat Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia?, itulah pertanyaan- pertanyaan penting yang menjadi guide point atas kajian Sejarah Peradaban Islam.

Pokok bahasan atau materi kuliah Sejarah Peradaban Islam, dapat dilihat dalam sebuah alur rencana perkualihan seperti berikut ini.

PERTEMUAN I: PENJELASAN KONTAK PERKULIAHAN

PERTEMUAN II: DUNIA ARAB SEBELUM ISLAM (Struktur Spasial, Kondisi Penduduk, Agama dan Kepercayaan)

PERTEMUAN III: KELAHIRAN DAN PERKEMBANGAN ISLAM PERIODE AWAL (Nabi Muhammad dan Kelahiran Islam, Islam Periode Mekkah, Peristiwa Hijrah dan Islam Periode Madinah, dan Detik-Detik Kepergian  Nabi Muhammad)

PERTEMUAN IV: ISLAM MASA KHULAFAUR-RASYIDIN (632-661 M) (Masa  Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq, Masa Khalifah Umar bin Khattab, Masa Khalifah Usman bin Affan, dan Masa Khlaifah Ali bin Abi Thalib)

PERTEMUAN V: DINASTI UMAYYAH DI DAMASKUS (661-750 M) (Proses Berdirinya, Kiprah Para Khalifah, Ekspansi Kekuasaan,  Kemunduran dan Kehancuran)

PERTEMUAN VI: ISLAM MASA DINASTI ABBASIYAH DI BAGHDAD (750-1258) (Proses Berdirinya, Perluasan kekuasaan dan Kiprah Para Khalifah, Revolusi Intelektual dan Kemajuan Peradaban, Disintegrasi Politik dan Separasi Kekuasaan, serta Kemunduran dan Kehancuran)

PERTEMUAN VII: ISLAM DI ANDALUSIA (SPANYOL) (Perintis Jalan ke Spanyol, Kekuasaan Islam di Spanyol,  Kemajuan Peradaban Islam, Kemunduran dan Kehancuran)

PERTEMUAN VIII: UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

PERTEMUAN IX: ISLAM DI AFRIKA (Proses Masuknya Islam di Afrika, Dinasti Murabitun, Dinasti Muwahhidun,   Dinasti Fatimiyah, Dinasti Mamluk)

PERTEMUAN X: ISLAM DI KERAJAAN TURKI UTSMANI (Asal Usul Bangsa Turki, Ekspansi Kekuasaan, Para Sultan Turki Usmani, Perkembangan Peradaban, Masa Kemunduran dan Kejatuhan)

PERTEMUAN XI: ISLAM DI PERSIA (Dinasti Buwaihi,  Dinasti Safawi)

PERTEMUAN XII: ISLAM DI ASIA SELATAN (Ekspedisi Muslim dan Masuknya Islam, Kesultanan Delhi, Kesultanan Mughal)

PERTEMUAN XIII: ISLAM DI AMERIKA (Proses Masuknya Islam di Amerika, Perkembangan Peradaban Islam)

PERTEMUAN XIV: ISLAM DI ASIA TENGGARA (Kerajaan-kerajaan Islam di Asia Tenggara, Peradaban Islam Asia Tenggara) [Bagian 1].

PERTEMUAN XV: ISLAM DI ASIA TENGGARA (Kerajaan-kerajaan Islam di Asia Tenggara, Peradaban Islam Asia Tenggara) [Bagian 2].

PERTEMUAN XVI: UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS).

Demikianlah uraian tentang pokok-pokok materi kuliah Sejarah Peradaban Islam. Metode perkuliahan bervariasi: ceramah (zoom meeting), dikusi kelompok (zoom meeting), tugas makalah, quis, review buku dan lainnya.

Topics #Buku Sejarah Peradaban Islam #Makalah Sejarah Peradaban Islam #Materi Kuliah Sejarah Peradaban Islam #Silabus Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam