SEBUAH buku yang cukup menarik, “Sosiologi Penjara”. Dunia sosial di penjara serta masalah-masalah sosial di balik jeruji besi tersebut terjelaskan dengan hampiran konsep masyarakat mikro kosmos-nya Donald Clemmer, institusi total ala Goffman, disiplinary institution milik Foucault, serta perspektif para narapidana yang melabeli penjara dengan istilah “Dunia Kotak”.

Jauh sebelum buku yang dikarang Sugeng Pujileksono ini hadir, sebuah karya Donald Clemmer bertajuk “The Parison Community” (1940) mencoba mendefinisi penjara sebagai proses dimana jiwa dan perilaku narapidana dikonstruksi oleh ciri sosial dan struktural kehidupan penjara. Bahkan dalam telaah kritiknya, Clemmer yang pernah melakukan riset di Penjara Menard Illonis itu, mengatakan bahwa penjara sebagian besar mengacaukan cita-cita sosial sebagai konsep dasar dari lembaga pemasyarakatan. Bahkan ia menggambarkan adanya cacat filosofis dalam konsep penahanan hukum.

Dalam buku Sosiologi Penjara ini, juga mengulas sejarah penjara yang berawal dari pusat-pusat kebudayaan tua dunia (Babilonia, Yunani Kuno, Roma, dan lainnya), sejarah penjara di Indonesia masa Tanam Paksa, masa menjelang berlakunya “Wetboek van Strafrecht voor Nedherlandsch Indie” (1918), priode Penjara Sentral Wilayah 1905-1921, periode kepenjaraan Hindia Belanda, pelaksanaan pidana masa Jepang, hingga sejarah tentang sistem penjara tersebut.

Spesifikasi Buku:

  • Judul Buku: Sosiologi Penjara
  • Pengarang: Sugeng Pujileksono
  • Penerbit: Intrans Publishing, 2017
  • Ukuran: 14 x 21 cm
  • Tebal: xiv + 228 hlm
Topics #Buku Ajar Sosiologi #Buku Sosiologi #Disiplinary Institution #Periode Kepenjaraan Hindia Belanda #Sosiologi Hukum #Sosiologi Kriminal #Sosiologi Penjara #The Parison Community