Connect with us

Learning

Gambaran Umum Kawasan Asia Barat Daya

Published

on

ASIA Barat Daya atau Timur Tengah (bahkan isitilah ini lebih populer), merupakan kawasan yang memegang peranan penting dalam perjalanan sejarah peradaban dunia. Banyak peristiwa penting masa lampau yang menjadi memory kolektif di semesta ini, menjadikan ia sebagai pusat kajian dan aktivitas riset para peneliti dunia.

Pentingnya kedudukan Asia Barat Daya, sehingga menjadi salah satu kategori kajian sejarah kawasan. Kajian sejarah ini tentu harus dimulai dari prapemahaman tentang konsep Asia Barat Daya dalam rupa deskripsi singkat secara umum. Asia Barat Daya merupakan wilayah yang terletak di sebelah barat Benua Asia, sehingga kawasan ini juga biasa disebut “West Asian”. Masyarakat Arab menyebutnya dengan istilah “Gharb Asiawyn”.

Secara geografis Asia Barat Daya dikelilingi 7 laut utama, yakni Laut Aegea, Laut Hitam, Laut Kaspia, Teluk Persia, Laut Arab, Laut Merah, dan Laut Tengah. Di bagian utara, Asia Barat Daya dibatasi dari Eropa oleh pegunungan Kaukasus Besar, sementara di Barat Daya, wilayahnya  dibatasi dari Afrika oleh Tanah Genting Suez. Adapun di timur berbatasan dengan Asia Tengah serta Asia Selatan.

Selengkapnya…….

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Learning

Video Pembelajaran Historiografi

Published

on

Tugas video pembelajaran ini khusus untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM). Setiap mahasiswa diminta/ditugaskan untuk membuat video pembelajaran dengan memilih salah satu topik berikut ini:
1. Historiografi Klasik: Yunani
2. Historiografi Klasik: Romawi
3. Historiografi Tradisional Indonesia
4. Historiografi Kolonial
5. Historigrafi Awal Kemerdekaan (lebih…)

Continue Reading

Learning

Pokok-pokok Materi Kuliah Sejarah Intelektual

Published

on

MATA KULIAH Sejarah Intelektual ini merupakan salah satu mata kuliah inti bidang studi, terdiri dari 2 (dua) SKS, yang bertujuan untuk memberi wawasan pengetahuan kepada mahasiswa dalam memahami secara komprehensif ruang lingkup Sejarah Intelektual. Dalam mata kuliah ini akan dibahas beberapa materi yang diawali dengan peran intelektual dalam berbagai persitiwa sejarah, tahap-tahap perkembangan pemikiran, hingga peran intelektual dalam kemajuan iptek. (lebih…)

Continue Reading

Learning

Pokok-pokok Materi Kuliah Historiografi

Published

on

HISTORIOGRAFI setidaknya dipahami dalam dua pengertian yakni hasil karya sejarah dan proses penulisan sejarah. Kalangan Sejarawan memiliki metode serta pendekatan yang beragam dalam pengembangan sejarah sebagai kajian akademik. Untuk maksud tersebut mata kuliah Historiografi mengkaji sejarah penulisan sejarah baik di Indonesia maupun di berbagai negara lain.

Dalam membelajarkan mata kuliah Historiografi, berikut ini adalah sebaran pokok bahasan untuk satu semester:

1. Ruang Lingkup dan Tujuan Mata Kuliah Historiografi
2. Historiografi Klasik: Yanani dan Romawi
3. Historiografi Tradisional Nusantara: Babad, Tambo dll.
4. Historiografi Kolonial
5. Historiografi masa Awal Kemerdekaan
6. Perubahan paradigma historiografi Indonesia: dari Nederlandosentris ke Indonesia Sentris
7. Historiografi Prosesual
8. Historiografi Tematik
9. Ujian Tengah Semester (UTS)
10. Historiografi Kewilayahan (Kawasan)
11. Trend Historiografi
12. Aliran-Aliran dalam Historiografi: Aliran Konvensional
13. Aliran-aliran dalam Historiografi: Aliran Struktural
14. Aliran-aliran dalam Historiografi: Aliran Strukturis
15. Historiografi dalam Perspektif Annales
16. Ujian Akhir Semester (UAS)

Pokok-pokok materi yang terjabar dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini digunakan pada Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM).

* Tim pengajar: Drs La Malihu, M.Hum, Dr. Ahmadin, S.Pd., M.Pd, dan Rifal, S.Pd., M.Hum

Continue Reading

Trending