ASIA Barat Daya atau Timur Tengah (bahkan isitilah ini lebih populer), merupakan kawasan yang memegang peranan penting dalam perjalanan sejarah peradaban dunia. Banyak peristiwa penting masa lampau yang menjadi memory kolektif di semesta ini, menjadikan ia sebagai pusat kajian dan aktivitas riset para peneliti dunia.

Pentingnya kedudukan Asia Barat Daya, sehingga menjadi salah satu kategori kajian sejarah kawasan. Kajian sejarah ini tentu harus dimulai dari prapemahaman tentang konsep Asia Barat Daya dalam rupa deskripsi singkat secara umum. Asia Barat Daya merupakan wilayah yang terletak di sebelah barat Benua Asia, sehingga kawasan ini juga biasa disebut “West Asian”. Masyarakat Arab menyebutnya dengan istilah “Gharb Asiawyn”.

Secara geografis Asia Barat Daya dikelilingi 7 laut utama, yakni Laut Aegea, Laut Hitam, Laut Kaspia, Teluk Persia, Laut Arab, Laut Merah, dan Laut Tengah. Di bagian utara, Asia Barat Daya dibatasi dari Eropa oleh pegunungan Kaukasus Besar, sementara di Barat Daya, wilayahnya  dibatasi dari Afrika oleh Tanah Genting Suez. Adapun di timur berbatasan dengan Asia Tengah serta Asia Selatan.

Selengkapnya…….

Topics #Imperialisme di Asia Barat Daya #Negara-Negara di Asia Barat Daya #Sejarah Asia Barat Daya #Sejarah Timur Tengah #Silabus Sejarah Asia Barat Daya #Terusan Suez