DINASTI Chou berciri pemerintahan feodalisme zaman Cina Kuno ini, didirikan Chou Wu Wang, dengan pusat pemerintahnnya di Kota Cang-An.

PENGANTAR: Dalam catatan sejarah disebutkan bahwa masa pemerintahan dinasti ini kurang menunjukkan kemajuan berarti karena situasi yang tidak kondusif. Penyebabnya karena abad ke-8 Masehi wilayah ini diliputi perang serta kekacauan. Dalam kondisi ketidakmenentuan akibat situasi kacau serta perang yang terjadi itualah muncul pemikir ternama sekaliber Lao Tse yang terkenal dengan Taoismenya dam Kong Fu Tse dengan ajaran Kongfusianismenya.

Dalam penyelenggaraan pemerintahanya Dinasti Chou yang feodalis ini, para penguasa atau raja memercayakan tugas pemerintahan kepada kaum bangsawan. Dengan demikian, para bangsawanlah yang bertugas menyelenggarakan urusan pajak, pertahanan dan keamanan, serta urusan pemerintahan lainnya. Sebagai imbalan atas kerja yang dilakukan oleh para bangsawan dalam penyelenggaraan pemerintahan Dinasti Choi, maka mereka dihadiahi sebidang tanah yang dinamakan Vazal. Kondisi pemerintahan model ini rupanya berkonsekuensi pada terjadinya kerugian bagi pihak pemerintah, belum lagi situasi kacau serta pemberontakan, akhirnya menyebabkan dinasti ini melemah hingga akhirnya berganti penguasa baru yakni Dinasti Ch’in.

TUGAS BACA:

Tugas baca ini sifatnya individu di mana setiap mahasiswa diminta untuk membaca lebih dalam tentang Dinasti Chou melalui berbagai sumber online: artikel ilmiah populer, artikel imiah jurnal, makalah, dan sumber online lainnya.

  1. Asal usul orang Chou
  2. Pemerintahan Chou Barat
  3. Pemerintahan Chou Timur
  4. Lao Tse dan ajaran Taoisme
  5. Kong Fu Tse dan ajaran Kongfusianisme

PETUNJUK: Tugas ringkasan hasil bacaan ini diketik dan lalu dikirim ke imobelajar@gmail.com

 

Topics #Dinasti Choi #Dinasti-Dinasti Kuno Cina #Materi Kuliah Sejarah Asia Timur