SIAPA bilang membuat/menulis buku itu sulit dan memerlukan keahlian khusus? Mari tinggalkan kesan pesimis tersebut dan mengubahnya dengan kalimat sakti “membuat buku itu mudah”. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dewasa ini menawarkan kemudahan-kemudahan hidup tak terkecuali kebutuhan memiliki karya berupa buku. Sumber referensi bertebaran di berbagai media cetak, elektronik, internet, dan bahkan media sosial, sehingga tidak ada alasan lagi bahwa kita kekurangan material untuk menulis. Lalu persiapan-persiapan apa yang sesungguhnya harus dilakukan untuk membuat buku?.

Banyak cara yang dilakukan orang untuk membuat dan menghasilkan karya buku. Misal mereka yang sibuk sekalipun dapat menulis buku dengan tipsnya masing-masing. Meluangkan waktu untuk menulis, itulah salah satu kunci utama yang paling menentukan. Sehebat apapun kemampuan kita dalam menulis, tapi jika tidak memiliki waktu atau mungkin lebih tepat dikatakan “tidak menyisihkan waktu”, tentu tak akan membuahkan apa-apa.

Tidak seperti zaman old di mana kita harus berada di depan mesin ketik untuk membuat tulisan atau harus kembali ke meja komputer untuk membuat karya, era gadget zaman now telah memberi kita kemudahan-kemudahan sehingga siapapun dapat membuat tulisan kapan dan dimanapun ia berada. Bahkan kita tidak perlu harus membawa laptop ke mana-mana hanya untuk menulis, sebab ponsel serta berbagai jenis tablet android pun bisa digunakan untuk menulis. Sekali lagi menyisihkan waktu adalah salah satu penentu penting. Lalu bagaimana memulai membuat tulisan untuk dibukukan?.

Baca selengkapnya….

*Penulis: Ahmadin Umar [Dimuat di TebarNews]

Topics #Biaya Cetak Buku #Cara Menerbitkan Buku #Cara Mudah Menulis Buku #Jasa Cetak Buku Murah #Penerbit Buku #Syarat Menerbitkan Buku