PERKEMBANGAN aktivitas masyarakat dewasa ini yang berbasis digital dengan bertumpu pada online system, dengan nyata makin dimudahkan oleh hadirnya berbagai pilihan aplikasi. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam aktivitas daring atau media sosial adalah Google Form, yakni sebuah aplikasi formulir online yang diberikan oleh google.

Aplikasi gratis bernama Google Form ini telah digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain seperti pembuatan formulir registrasi online, angket untuk kegiatan survey, latihan atau ujian online peserta didik,  serta berbagai manfaat lainnya. Menariknya, Google Form ini bisa dikoneksikan dengan website, blog, serta berbagai jenis media sosial dengan cara memasang link url atau tautan.

Meskipun begitu, penggunaan Google Form untuk berbagai kebutuhan tidak jarang url atau tautannya sangat panjang sehingga jadinya kurang elok untuk keperluan promosi link atau share formulir. Lalu bagaimana memperpendek link atau menyingkat tautan tersebut sehingga tampil menarik untuk dipromosikan/dibagikan ke publik?.

Sebelumnya kita perlu mengenal situs penyedia fasilitas url shortener dan salah satu yang banyak digunakan adalah bitly.com. Nah… cara meningkat url atau link atau tautan yakni:

  1. Buka dan masuklah ke google form yang dan telah buat
  2. Copy link urlnya
  3. Paste link google form pada kolom bitly berwatna putih yang sediakan
  4. Klik tombol shorten berwarna biru di bawahnya
  5. Selesai dan url anda telah menjadi pendek

Selanjutnya anda tinggal copy link pendek ini di bitly.com dan lalu bagikan  sesuai kebutuhan atau dapat dipasang sebagai tautan di website, blog, dan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Topics #Cara Memperpendek Link URL #Cara Menyingkat Url Formulir Google Form #Memperpendek link google form gratis